Recent Posts

Protected by Copyscape Online Plagiarism Scanner

Jumat, 22 Oktober 2010

Otak Dan Mata Cara Ampuh Mendeteksi Kebohongan

Otak adalah ciptaan Tuhan yang paling luar biasa. Bisa bayanginkan, tempat untuk kita merencanakan sesuatu, bertindak, berkata, bergerak, dan semuanya dikendalikan oleh otak. Otak ga bekerja baik kalo syaraf-syarafnya rusak, dan kerusakannya biasa karena kecelakaan atau ‘kecelakaan’. Kecelakaan yang mengakibatkan pendarahan hebat dikepala bisa mengakibatkan amnesia, atau bahkan lumpuh.  
            Otak manusia terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Tahun 1980, Dr. Roger Sperry, tokoh pionir dalam penelitian split-brain, menemukan bahwa otak kanan dan otak kiri manusia memiliki fungsi yang berbeda. Otak kanan fungsinya: kreativitas, sintesa, imajinasi, intuisi, gagasan, bentuk, ruang, warna, dan ragam. Sedangkan otak kiri fungsinya: proses bicara, fakta-fakta, detail, matematika, logis, serta syair. Jadi lebih gampangnya gini, otak kanan untuk berpikir furturistik atau masa depan, sedangkan otak kiri untuk berpikir masa lalu.


           Anda pernah di telpon orang dari pihak asuransi atau kartu kredit? Biasanya mereka berkata gini, ”tolong letakkan telpon di telinga kanan ya pak ?” . Itu tak tik mereka untuk membuat kita berpikir ke masa depan. Setelah kita mendengar melalui telinga kanan, otomatis otak kanan lebih cepat bekerja. Yup, dengan sukses mereka merayu anda untuk berpikir tentang masa depan. Jadi kalo anda mo bicarain masa depan, bicara disebelah kanan lawan bicara . Bagaimana dengan otak kiri? Yup, otak kiri lebih kena ke sisi romantik. anda ingin kata-kata romantis diinget ma pasangan ? Ngomong dari sebelah kiri, karena otak kiri akan menyimpan memori dan akan keluar sewaktu-waktu tanpa dia sadari.
           Mata adalah cerminan dari otak anda. Kita bisa liat kemampuan orang melalui mata. Sebenernya ada 3 tipe manusia berdasarkan kemampuannya. Dan itu adalah visual, auditori, dan mekanika. Coba tanya seseorang tentang masa lalunya, uhm….mungkin tiga minggu yang lalu dia ngerjain apa. Setelah itu liat matanya, anda bakal ngerti kemampuan apa yang lebih menonjol pada dirinya.
Visual
     Jika orang yang anda ajak ngobrol berpikir sambil melihat keatas, berarti dia tergolong visual. Tipe orang visual itu lebih mengutamakan apa yang terlihat. Misal, baju gue ma celana gue match ga ya? Dia lebih gampang menghapal wajah dari pada nama, walau udah puluhan tahun ga ketemu dia pasti masi inget wajahnya. Kalo loe ngasih alamat suatu tempat, biasanya juga mereka lebih gampang kalo dikasi denah dari pada loe ngomong mpe berbusa. Apapun itu yang dia inginkan (biasanya) kepuasan dari mata. Kaya nonton film dia milih yang visul efeknya keren.
Auditori
     Kalo orang yang tergolong auditori saat berpikir kuat biasanya matanya ke kanan ke kiri. Tipe macam ini paling nyenengin waktu kuliah, dengan hanya mendengar mereka udah paham tanpa harus baca. Telinga mereka lebih sensitif, pendengar yang baik dan biasanya juga selera musiknya bagus. Cukup bilang padanya sekali dan dia mereka akan mengerti.
Mekanika
    Tipe macam ini biasanya dimiliki orang-orang yang kreatif dan ingin tau. Saat mereka berpikir keras matanya akan menunduk kebawah. Mereka adalah orang-orang yang suka bongkar pasang alat-alat atau kendaraan. Mereka ingin sekali ngerti, walau ada juga yang cuma terima bongkar tapi ga terima pasang. Ga cuma anak teknik yang bertipe gini, mereka yang bertipe ini suka otak-atik semua barang yang bikin mereka penasaran.
WANITA-BOHONG-LUAR (1) Menarik bukan otak kita? Apalagi berinteraksi langsung dengan mata. Otak itu jujur, otak ga bisa bohong, itu kenapa gelagat kita bisa terlihat waktu bohong. Sepandai-pandainya orang berbohong akan kelihatan juga, dan itu bisa kita lihat lewat mata. Wuu…ngeri yah? Wekekkeke…
Seperti saya bilang tadi, otak kanan untuk berpikir futuristik dan otak kiri untuk berpikir masa lalu. Tanyakan pada lawan bicaramu dan lihat matanya. Misal gini, suatu saat anda janjian ma temen anda dan dia ga dateng. Saat ketemu lagi anda tanya,”kemaren kemana?”. Liat cara dia jawab pertanyaan anda lewat matanya. Saat matanya bergerak ke kiri berarti dia sedang memikirkan apa yang terjadi kemaren, karena otak kiri bekerja memutar balik memori yang ada. Dia berkata apa yang benar-benar terjadi waktu itu. Tapi saat anda tanya dan matanya ke kanan, wow…dia lagi mikir sesuatu yang akan dibuat-buat untuk sebuah alasan. Otak kanannya bekerja untuk membuat sesuatu yang ga ada. Simple kan? Deteksi kebohongan melalui mata, dan kamu ga akan pernah mencoba berbohong.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa, koment komentnya ^_^
Jika ingin copas, tolong cantumkan LINK blog ini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More